Gerbang ke Quran | Belajar baca Al-Quran

belajar baca Al-Quran

 

Belajar baca Al-Quran adalah langkah yang sangat penting dalam kehidupan setiap anak Muslim, memulai hubungan kehidupan mereka dengan Islam dan Kitab Allah. Dapat dimengerti, orang tua dapat merasa cemas tentang cara terbaik untuk mendukung anak-anak mereka melalui pengalaman ini. Kami meminta lebih dari 1000 orang tua apa yang mereka rasakan tantangan utama mereka adalah dalam hal mengajar anak-anak mereka cara membaca Alquran. Mereka menanggapi dengan kekhawatiran utama berikut atau ‘poin rasa sakit’:
1. Kemajuan Lambat
2. Takut akan pengucapan yang tidak akurat jika mereka mendukung atau mengajari anak-anak mereka di rumah
3. Kekurangan Kesenangan dalam proses pembelajaran
4. Kurangnya pemahaman tentang apa yang anak-anak sedang baca
Dari empat masalah khusus ini, dua poin pertama paling ditekankan oleh orang tua yang kami ajak bicara. Dalam artikel ini, kami menyajikan beberapa solusi untuk membantu Anda mengatasi tantangan ini. Setiap set solusi sesuai dengan tiga tahapan yang berbeda dalam proses: sebelum, selama, dan setelah belajar baca Al-Quran.

SEBELUM
Berawal pada usia yang salah barangkali merupakan kesalahan pertama yang kebanyakan orang tua lakukan ketika mengajar anak mereka belajar baca Al-Quran. Tidak ada satu ukuran cocok untuk semua ketika datang ke usia awal yang ideal. Bahkan saudara kandung dari keluarga yang sama dapat sangat bervariasi di usia ketika mereka siap. Jadi bagaimana Anda bekerja ketika waktunya tepat?
Banyak yang harus dilakukan dengan penilaian Anda sendiri dan sedikit pengujian belajar baca Al-Quran. Cobalah duduk dengan anak Anda selama 10 menit sehari dan lakukan abjad. Apakah mereka mampu berkonsentrasi? Apakah mereka terlihat terlibat? Apakah mereka mampu mengingat sebagian dari apa yang Anda ajarkan kepada mereka di hari berikutnya? Jika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara afirmatif, maka itu menunjukkan bahwa mereka sekarang cocok dengan lingkungan sekolah. Tapi begitu mereka siap, bagaimana Anda menemukan sekolah belajar baca Al-Quran yang cocok untuk mereka?
Guru Madrasah yang baik membuat semua perbedaan untuk kemajuan anak Anda. Oleh karena itu, langkah penting pertama adalah memilih dengan hati-hati. Rekomendasi bagus tetapi tidak hanya bergantung pada itu belajar baca Al-Quran; bertemu dan berbicara dengan calon guru sendiri. Berikut adalah lima pertanyaan setiap orang tua harus menanyakan kepada calon guru Madrasah anak mereka sebelum mendaftar:

1. Berapa lama terakhir lima siswa Anda yang menyelesaikan Qaida?
Setiap anak berbeda, itulah mengapa yang terbaik adalah meminta hasil dari sejumlah siswa dan menghitung rata-rata. Namun, jika waktu rata-rata untuk grup ini keluar lebih dari 12 bulan, Anda mungkin ingin melihat apakah guru lain di wilayah Anda telah mencapai penyelesaian dalam skala waktu yang lebih pendek, karena ini cukup panjang.

2. Dapatkah saya melihat Qaida yang Anda gunakan?
Qaidas berbeda secara dramatis dalam gaya pengajaran dan instruksi. Banyak yang diimpor dari luar negeri dan belum diadaptasi atau dikembangkan untuk kebutuhan anak modern. Jika Alih Qaida pilihan pengajar lebih panjang dari 50-60 halaman, kemungkinan itu akan memperpanjang waktu yang diperlukan anak Anda untuk belajar.

3. Bisakah siswa terbaik Anda membacakan abjad Arab untuk saya?
Jika Anda melihat salah satu kesalahan pengucapan yang kami uraikan di bawah ini, perhatikan. Ini adalah dasar-dasarnya. Jika mereka tidak dibacakan secara akurat oleh siswa terbaik di kelas, anak Anda dapat dengan mudah mengambil kesalahan serupa pada tahap pertama yang krusial.

4. Bisakah siswa terbaik Anda membacakan baris dari Al-Quran kepada saya?
Anda telah diminta untuk mendengar dari siswa terbaik guru dan, dengan demikian, Anda harus secara realistis berharap bahwa mereka akan membaca dengan lancar dan akurat belajar baca Al-Quran. Jika Anda melihat pelafalan yang lambat atau tidak akurat, Anda mungkin memiliki beberapa keberatan atas standar yang ditetapkan oleh guru ini.

5. Tanyakan setidaknya 5 anak jika mereka senang datang ke Madrasah ini
Jawaban anak-anak biasanya merupakan refleksi yang jujur ​​tentang apa yang ingin dipelajari di sana. Perhatikan apakah mereka berbicara dengan percaya diri dan lancar ketika mereka menjawab Anda atau jika mereka memilih kata-kata mereka dan memperhatikan guru ketika mereka berkomentar, atau memang, orang tua mereka jika Anda bertanya setelah kelas. Ini mungkin menunjukkan bahwa mereka memberi tahu Anda apa yang mereka pikir tokoh otoritas yang relevan ingin mereka katakan, daripada memberi Anda pendapat mereka yang sebenarnya.
Sekarang tanyakan pada diri Anda: Setelah apa yang saya lihat dan dengar, apakah saya benar-benar senang mengirim anak saya ke Madrasah ini? Jika jawabannya tidak, terus cari.

SELAMA
Ada dua bidang utama pengajian yang perlu Anda perhatikan: akurasi dan kecepatan. Akurasi harus selalu didahulukan karena tidak ada gunanya membaca kata-kata secara tidak akurat, bahkan jika Anda cepat. Bahkan, mengembangkan kebiasaan mengabaikan kesalahan demi kecepatan dapat membuat lebih sulit untuk memperbaiki ketidakakuratan semacam itu di kemudian hari.

Cara meningkatkan akurasi
Akurasi dimulai dengan seorang guru Madrasah yang baik. Pada tahap pertama, selalu pilih guru yang mahir yang mengucapkan dengan baik dan memberikan umpan balik yang bermanfaat. Untuk memberikan dukungan terbaik kepada anak Anda di kelas, luangkan waktu untuk memeriksa pengucapan Anda sendiri dan juga mereka.
Apakah Anda yakin bahwa Anda membaca secara akurat diri Anda sendiri? Dengarkan pengulang-ulama yang mahir Al-Quran bersama. Hati-hati terhadap kesalahan dasar umum dan pastikan kesalahannya dikoreksi secara konsisten belajar baca Al-Quran https://www.rubaiyat.biz.
Gunakan sumber daya gratis kami: Temukan 7 kesalahan pengucapan umum yang tidak boleh dilakukan oleh anak-anak.
Cara meningkatkan kecepatan
Praktek. Praktek. Praktek. Kecepatan datang dengan latihan teratur sehingga bekerja dengan anak Anda untuk membaca secara teratur, bahkan jika Anda menjaga sesi sangat pendek. Jangan mencoba dan melakukan terlalu banyak sekaligus dan fokus pada menguasai satu baris atau kata pada satu waktu.
Anda dapat membuat game dan waktu anak Anda. Apa yang diukur meningkat dan membantu si anak melihat kemajuan mereka untuk diri mereka sendiri. Namun, berhati-hatilah, dengan berfokus pada kecepatan, belajar baca Al-Quran Anda tidak membiarkan kesalahan merayap kembali ke dalam resital.
Secara keseluruhan, untuk meningkatkan akurasi dan kecepatan, Anda harus mengalokasikan lebih banyak waktu berkualitas untuk belajar. Tidak ada hal hebat yang dicapai tanpa usaha keras. Semakin banyak waktu yang dapat Anda habiskan bersama anak Anda untuk membantu mereka berlatih di rumah, dan semakin Anda dapat mendukung dan mendorong mereka, semakin baik kemajuan mereka belajar baca Al-Quran.

SETELAH
Bahkan ketika studi kelihatannya lengkap, masalah kecepatan dan akurasi dapat muncul ketika seorang anak membaca Alquran. Jika ini terjadi, mereka perlu menguasai Qaida lagi.
Sebagian besar anak-anak mungkin ragu-ragu, tetapi Qaida adalah fondasi untuk membaca Al-Quran dan harus dipelajari sepenuhnya untuk kemahiran seumur hidup dalam penghafalan Al-Quran belajar baca Al-Quran. Dorong anak Anda untuk tidak melihat kembali ke Qaida sebagai suatu kegagalan, melainkan cara menyempurnakan keterampilan mereka di bidang yang sangat penting belajar baca Al-Quran. Beri mereka dukungan dan waktu yang sama yang Anda miliki selama perjalanan dan mereka akan segera menjadi lebih mahir dan kembali membaca Al Qur’an.