8 Tips Memilih Nama Domain Terbaik

Banyak pemilik bisnis secara keliru menganggap nama domain hanya sebagai alamat untuk situs web mereka. Ada sejumlah faktor yang harus Anda pertimbangkan secara serius ketika melakukan brainstorming ide nama domain. Di bawah ini, kami memberi Anda rangkuman cepat 8 kiat untuk memilih nama domain yang bagus. Anda akan dapat memikat salah satu yang cerdas dan efektif dengan tetap berpegang pada pedoman sederhana ini.

1. Jadilah merek
Nama domain Anda adalah wajah perusahaan Anda — dalam bentuk URL. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa itu benar-benar terdengar seperti sebuah merek.

Jadi, bagaimana Anda melakukannya? Dengan kesederhanaan, kebaruan, dan memori. Hindari memasukkan tanda hubung, angka, atau hal lain yang membuatnya terdengar tidak alami dan rumit. Contoh yang bagus adalah Pepsi.com. Nama domain itu adalah liga di luar pilihan yang lebih rendah seperti “Pepsi-cola.com” atau “Pepsi-2-drink.com”.

2. Buat itu bisa diucapkan

Tip ini terkait erat dengan nasehat pertama kami. Meskipun pengguna tidak mungkin mengucapkan nama domain Anda dengan keras, pengucapannya masih penting. Ini karena sesuatu yang disebut kelancaran pemrosesan: kemudahan yang dapat digunakan otak untuk memproses informasi. Nama yang tidak mengharuskan seseorang untuk berpikir terlalu keras biasanya yang paling mudah diingat, dan juga lebih cenderung menginspirasi asosiasi positif.

“Jika Anda harus mengeja melalui telepon, Anda telah kehilangan.” Kata Jason Calacanis, pengusaha serial dan investor malaikat di balik raksasa teknologi seperti Uber, Peluncuran Festival, dan Minggu Ini di Startups.

Ketika orang-orang secara rutin salah mengeja nama domain Anda karena terlalu sulit untuk diketahui, semua potensi lalu lintas itu hilang. Kebanyakan orang akan berhenti mencari situs merek Anda dengan cepat; mereka tidak punya waktu atau keinginan untuk mencoba beberapa pencarian Google tentang ejaan yang mungkin.

Pelajaran di sini sederhana: permudah pelanggan Anda menemukan Anda!

3. Buatlah singkat, tetapi jangan terlalu pendek

Keterbatasan dapat membantu menjaga nama domain sederhana dan mudah diingat, tetapi terlalu pendek dapat memiliki efek sebaliknya. Bandingkan “PastaScience.com” dengan “PastaSci.com”. Berkat singkatannya, yang terakhir lebih sulit untuk diucapkan dan diingat, meskipun memiliki lebih sedikit karakter. Versi pertama berfungsi dengan baik.

Kuncinya di sini adalah untuk mencapai keseimbangan. Pilih sesuatu yang singkat, tetapi jangan mencopot nama Anda dengan meretas seluruh bagian kata.

Dalam mengejar keringkasan, banyak yang mempertimbangkan menggunakan akronim untuk nama domain mereka. Tetapi itu biasanya hanya bijaksana jika merek atau produk Anda secara teratur dirujuk oleh inisial. Sebagai contoh, situs World Wildlife Fund dapat ditemukan di WWF.org. Itu sempurna untuk mereka, karena amal mereka secara luas dikenal dan disebut hanya sebagai “WWF”.

4. Pergi setelah .com

Ketika datang ke ekstensi, menjadi unik tidak selalu lebih baik. Sementara ekstensi baru seperti “.me” atau “.pro” mungkin terasa hip dan eye-catching, “.com” masih yang paling mudah diingat dan paling sering digunakan. Faktanya, ¾ dari semua situs web menggunakan ekstensi “.com”.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan “.com”, gunakan ekstensi terkenal lainnya seperti “.co” atau “.net” atau “.org”. Kemudian berencana mengakuisisi .com di masa depan. Tentu saja, Anda harus memeriksa siapa yang memiliki .com terlebih dahulu. Jika merek besar sudah memiliki com pilihan Anda, Anda tidak akan mampu membelinya dari mereka di jalan. Kecuali kamu menghasilkan banyak uang. Dapatkan domain murah daftar di sini.

Tetapi bagaimana dengan ekstensi khusus negara, seperti “.nl” untuk Belanda, atau “.de” untuk Jerman? Ini baik-baik saja jika Anda tidak berencana untuk melakukan bisnis di luar negara yang Anda pilih. Misalnya, ekstensi .ca sangat bagus untuk perusahaan Kanada yang beroperasi hanya di Kanada.

 

5. Hindari pelanggaran merek dagang & kebingungan

Nama domain yang ideal adalah khas. Seharusnya tidak mudah bingung dengan nama situs atau merek lain. Bagaimanapun, Anda tidak ingin ada tuntutan hukum di tangan Anda. Jika nama domain Anda melanggar merek dagang, Anda dapat dituntut dan dipaksa menyerahkan domain. Sebelum Anda mendaftarkan nama domain Anda, Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah itu melanggar merek dagang AS di sini.

Pada catatan terkait: jika orang dapat mengacaukan nama Anda dengan merek lain, begitu juga mesin telusur. Memilih nama yang terlalu mirip dengan bisnis lain dapat menyebabkan hasil mesin telusur nama Anda dikotori dengan tautan yang tidak relevan.

6. Jadikan langsung intuitif

Nama domain yang ideal seharusnya memberi pengguna ide yang bagus tentang bisnis Anda. Misalnya, Rand Fishkin menggunakan “PastaPerfected.com” sebagai contoh nama domain intuitif untuk situs tentang pasta. Langsung dari kelelawar, pelanggan potensial dapat menebak dengan baik apa yang akan mereka temukan di situs itu (pasta yang sempurna!). Nama domain Anda harus memiliki efek yang sama.

Selain itu, intuitif instan memberikan poin bonus untuk memorability. Ketika orang-orang dapat memahami konsep situs Anda hanya dari nama domain, Anda dapat bertaruh bahwa itu akan melekat di pikiran mereka.

7. Gunakan kata kunci dengan bijaksana

Benar bahwa memiliki beberapa kata kunci di nama domain Anda dapat membantu. Namun, Anda tidak boleh berusaha mundur untuk menyertakan frasa pencocokan tepat. Melakukannya dapat benar-benar melukai merek Anda.

Google memahami taktik spam ini, jadi domain kata kunci pencocokan tepat sama sekali bukan faktor peringkat lagi. Selain itu, banyak pengguna telah mengembangkan kesan bahwa situs tersebut bersifat spam dan berkualitas rendah. Domain sepatu atletik pria mana yang menurut Anda terdengar lebih profesional dan tepercaya: SportsDirect.com, atau BuyMensSportShoes.com?

Saran kami: hindari penggunaan kata kunci dan frasa generik secara eksklusif. Bukan hanya sulit diingat, tetapi nama domain hanya berdasarkan string kata kunci generik tidak membawa manfaat SEO yang sama seperti sebelumnya.

8. Tambahkan atau modifikasi jika perlu

Sudah mencoba semua kiat di atas, tetapi berakhir dengan nama domain yang tidak tersedia? Jika Anda menetapkan hati pada nama domain, Anda dapat menambahkan atau memodifikasinya sedikit untuk membuatnya unik untuk pendaftaran.

Anda dapat menambahkan awalan atau akhiran, seperti yang dilakukan dalam contoh Rand dari “ThePastaTerra.com” atau “PastaTerraShop.com”. Anda juga memiliki ruang goyang kecil di ujung # 4: lanjutkan dan gunakan ekstensi yang berbeda, asalkan tidak bertentangan dengan kiat lain dan berfungsi untuk merek dan pemirsa Anda. Ini mungkin terlihat seperti “Terra.Pasta”.

Kami berharap 8 kiat ini membantu Anda melakukan zona pada nama domain yang paling efektif untuk situs Anda. Jika saat ini Anda menyulap beberapa ide nama domain, silakan bagikan di komentar. Kami ingin mendengar apa yang Anda pertimbangkan, dan dapat membantu bisnis Anda membangun kehadiran web yang berkembang pesat. Kami menawarkan layanan seperti desain situs web dan pemasaran pencarian, semua direkayasa untuk memberikan Anda persaingan.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *