10 Tips Top untuk Mengemudi Hemat Bahan Bakar

Cara Anda mengemudi dan kondisi mobil Anda berdampak pada jumlah bahan bakar yang Anda gunakan. Berikut beberapa kiat untuk membantu Anda menghemat bahan bakar dan uang.

penghemat bbm mobil

1. Minimalkan penggunaan  penghemat bbm mobil kendaraan Anda

Kendaraan paling tidak efisien bahan bakar dan kebanyakan menyebabkan polusi di awal perjalanan dan perjalanan singkat. Salah satu alasannya adalah bahwa catalytic converters (yang mengurangi emisi polusi udara) tidak beroperasi dengan baik sampai mereka menghangat. Perjalanan kurang dari lima kilometer umumnya tidak memungkinkan mesin untuk mencapai suhu operasi puncaknya.

Rencanakan untuk melakukan sejumlah tugas dalam satu perjalanan daripada beberapa perjalanan dan menghemat waktu dan bahan bakar. Cobalah untuk menghindari perjalanan kendaraan pendek dengan berjalan kaki atau bersepeda. Ini akan menghemat lebih dari seperempat kilogram emisi gas rumah kaca per kilometer kendaraan yang dikendarai menggantikannya, serta memberi Anda olahraga yang sehat.

2. Drive di gigi yang tepat
Mengemudi di gigi lebih rendah dari yang Anda butuhkan limbah bahan bakar, dan membiarkan mesin tenaga kerja di gigi atas di perbukitan dan sudut-sudut juga boros. Dalam kendaraan manual, ganti gigi segera setelah mobil nyaman dengan gigi yang lebih tinggi tetapi tanpa mempercepat lebih dari yang diperlukan.

Transmisi otomatis akan bergeser naik lebih cepat dan lancar jika Anda mengurangi sedikit pada akselerator setelah mobil mengumpulkan momentum. Hindari penggunaan opsi daya yang menjatuhkan mobil ke gigi yang lebih rendah dan karena itu menggunakan lebih banyak bahan bakar.

3. Berkendara dengan lancar
Berhenti / mulai mengemudi jauh lebih efisien dan lebih mencemari daripada mengemudi dengan kecepatan konstan. Hindari bepergian selama jam sibuk dan di jalan yang padat jika penghemat bbm mobil memungkinkan.

Tenang saja pada akselerator – lebih banyak revs sama dengan lebih banyak penggunaan bensin. Berkendara pada jarak yang baik dari penghemat bbm mobil di depan sehingga Anda dapat mengantisipasi dan melakukan perjalanan dengan arus lalu lintas. Ini menghindari percepatan yang tidak perlu dan pengereman berulang yang sering berakhir dengan membuang-buang bahan bakar. Ini juga jauh lebih aman. Jika Anda melihat penghentian lalu lintas di depan, pertama-tama lepaskan kaki Anda dari pedal gas dan biarkan penurunan daya mesin memperlambat kendaraan, terutama dengan juga mengganti gigi yang lebih rendah. Jangan terus mengemudi dengan kecepatan yang sama dan menerapkan rem pada menit terakhir. Kembali ke kecepatan jelajah saat penghemat bbm mobil masih bergerak menggunakan bensin jauh lebih sedikit daripada berhenti dan kemudian mulai lagi.

4. Minimalkan bahan bakar yang terbuang dalam pemalasan
Sebagian besar penghemat bbm mobil tidak perlu “dihangatkan” oleh pemalasan sebelum berangkat. Ini hanya membuang bahan bakar. Mulai penghemat bbm mobil Anda ketika Anda siap untuk pergi. Setelah di jalan, minimalkan bahan bakar yang terbuang dalam pemalasan dengan menghentikan mesin setiap kali mobil Anda berhenti atau ditahan untuk waktu yang lama. Dengan mematikan mesin, bahkan untuk waktu yang singkat, Anda akan menghemat lebih banyak bahan bakar daripada yang hilang dari semburan bahan bakar yang terlibat dalam menghidupkan ulang mesin. Bersih meningkatkan keausan dari praktik ini dapat diabaikan.

5. Jangan Kecepatan
Konsumsi bahan bakar meningkat secara signifikan lebih dari sekitar 90 km / jam. Pada 110 km / jam mobil Anda menggunakan hingga 25 persen lebih banyak bahan bakar daripada yang akan berlayar pada 90 km / jam. Jika penghemat bbm mobil Anda dilengkapi dengan cruise control, menggunakannya selama mengemudi di jalan raya akan membantu mempertahankan kecepatan yang stabil, yang akan menghemat bahan bakar.

penghemat bbm mobil

6. Minimalkan hambatan aerodinamis
Bagian tambahan di bagian luar kendaraan seperti rak atap dan spoiler, atau membuka jendela, meningkatkan hambatan udara dan konsumsi bahan bakar, dalam beberapa kasus dengan lebih dari 20 persen pada kecepatan yang lebih tinggi. Lepaskan atap dan rak sepeda saat tidak digunakan. Jika Anda harus menggunakan rak atap, masukkan dengan hati-hati untuk membantu meminimalkan hambatan angin atau menggunakan kotak atap yang efisien.

Sekarang ada sebuah cara bernama ecoracing yang bisa membantu dalam menghemat bahan bakar

7. Jagalah ban kendaraan Anda
Mengembang ban kendaraan Anda ke tekanan tertinggi yang direkomendasikan oleh manufaktur dan pastikan roda Anda selaras dengan benar. Memantau ban Anda tidak hanya akan mengurangi konsumsi bahan bakar, tetapi juga memperpanjang umur ban dan meningkatkan penanganan.

8. Gunakan AC dengan hemat
Airconditioners dapat menggunakan sekitar 10 persen bahan bakar ekstra saat beroperasi. Namun, pada kecepatan lebih dari 80 km / jam, penggunaan AC lebih baik untuk konsumsi bahan bakar daripada jendela terbuka karena ini menciptakan hambatan aerodinamis. Jika lebih panas di dalam penghemat bbm mobil Anda daripada di luar ketika Anda memulai perjalanan, berkendara dengan jendela turun selama beberapa menit untuk membantu mendinginkan penghemat bbm mobil sebelum memulai AC.

penghemat bbm mobil

9. Lampu perjalanan
Semakin berat kendaraan yang dibawa, semakin banyak bahan bakar yang digunakan. Jangan gunakan mobil Anda sebagai ruang penyimpanan ponsel. Tinggalkan barang-barang berat seperti peralatan dan peralatan olahraga di rumah saat Anda tidak membutuhkannya saat bepergian.

10. Jagalah kendaraan Anda dalam kondisi baik
Jagalah agar kendaraan Anda tetap tersetel dengan baik dan teratur dijaga. Dapatkan mobil Anda diservis pada interval yang ditentukan di buku pegangan pabrikan.

Gunakan bensin yang direkomendasikan untuk kendaraan Anda oleh pabrikan. Jika Anda menggunakan bensin tanpa timbal biasa dalam mobil yang dirancang untuk dijalankan pada premium tanpa timbal, Anda dapat mengharapkan kinerja yang sedikit lebih rendah dan konsumsi yang sedikit lebih tinggi. Menggunakan bensin tanpa timbal premium dalam mobil yang dirancang untuk tanpa timbal reguler dapat memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih baik di beberapa kendaraan baru tetapi tidak mungkin untuk mengimbangi biaya tambahan bahan bakar.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *